Seputar Online Shop dan Tahap Pengerjaannya oleh Jasa Pembuatan Website Online Shop

Di zaman yang sudah modern seperti saat ini persaingan bisnis bukan secara langsung ada di dunia nyata tapi juga di internet. Kebanyakan dari pedagang memilih untuk berbisnis secara online karena efisiensi waktu dan laba yang lebih cepat diperoleh.

Website online shop merupakan sebuah wadah dimana aktifitas jual beli terjadi di internet. Mulai dari penjual menawarkan produknya, pembeli mencari barang yang dibutuhkan, hingga pada akhirnya pembeli membeli barang yang diinginkan dari si penjual melalui internet. Lebih dari itu transaksi pembayaran pun juga dilaksanakan dengan memanfaatkan jaringan internet seperti internet banking, transfer atau melalui layanan pembayaran tagihan online di minimarket.  

Saat ini untuk bisa mengakses website online shop bukanlah hal yang sulit, kita dapat mengaksesnya melalui komputer, laptop, tablet, dan ponsel pintar. Semakin mudahnya dalam mencari dan mengakses barang-barang yang ada di internet berbanding lurus dengan tingkat permintaan masyarakat di zaman yang semua sudah serba modern.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Situs Web Belanja Online Patut Dilirik

Dalam sebuah website online shop para pembeli dapat menyortir berdasarkan kategori produk untuk melakukan pencarian produk secara praktis. Sebagai pertimbangan mereka dapat meninjau foto dari produk sebagai gambaran, harga dari produk yang dijual, informasi rinci tentang produk yang dijual, berapa jumlah barang yang tersedia, ulasan dari barang yang telah terjual, serta keterangan sudah berapa banyak produk tersebut terjual.

Selain itu para pembeli juga dapat mengikuti atau berlangganan dengan website tersebut, dengan tujuan jika ada barang-barang baru para pembeli dapat mengetahuinya dengan cepat. Ada juga pilihan wishlist sebagai penanda barang yang disukai dan diinginkan dan keranjang berguna untuk mengumpulakan semua produk yang ingin pelanggan beli menjadi satu.

Alur Pengerjaan Situs Jual - Beli dari Jasa Pembuatan Website Online Shop

Website online shop bisa didapatkan penjual lewat dua cara, yang pertama membuat web itu sendiri dan yang kedua menggunakan jasa pembuatan website online shop. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat sebuah website online shop:

1. Membuat Hosting Dan Domain

Hal yang pertama yang harus dilakukan ialah mendapatkan hosting dan domain. Hosting memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan untuk file dan dokumen yang dibutuhkan untuk sebuah web. Sedangkan domain ialah nama unik untuk mengdenfikasi alamat atau IP address, seperti edu untuk pendidikan, org untuk organisasi yang tidak bersifat komersil, dan com untuk organisasi yang bersifat komersil, dan masih banyak lagi.

Alih-alih mendapatkan hosting dan domain secara gratis, penjual disarankan oleh para penyedia jasa pembuatan website online shop untuk memilih yang berbayar sebagai upaya meminimalisir kemungkinan web tersuspen sepihak. Untuk jasa hosting dan domain pembeli diharuskan membayar perbulan atau pertahun, sesuai dengan ketentuan yang membuat jasa.

2. Tentukan Nama Online Shop Beserta Desain Web

Menentukan nama online shop sangatlah penting, disarankan tidak menggunakan nama yang rumit, gunakan nama yang unik dan mudah diingat untuk memudahkan para pembeli dalam mengingat nama online shop. Selain nama yang unik serta mudah di ingat, desain dan fitur dari sebuah web juga diperlukan hal ini bertujuan agar para pembeli merasa nyaman dan dimudahkan saat berbelanja.

Saat ini sudah ada banyak jasa pembuatan website online shop dengan berbagai paket dan pilihan ada yang menawarkan seluruh pembuatan desain dikerjakan oleh jasa pembuatan website online shop. Jika web tidak ingin seluruhnya ditangani oleh jasa pembuatan website online shop, sudah ada beberapa jasa yang membebaskan konsumen untuk membuatnya sendiri, atau jasa pembuatan web mengerjakan 50% dan 50% lagi dikerjakan oleh konsumen.

3. Mengatur Katalog di Web Online Shop

Jika desain web sudah selesai dikerjakan, penjual bisa langsung memasukan produk yang ingin dijual dan mengkategorikannya sesuai dengan jenis-jenis produk yang sesuai.